Sahabat yang budiman, meskipun orang-orang yang telah memahami etika dalam publikasi di internet, banyak juga yang tetap melakukan copy-paste pada artikel-artikel didalam blog orang laon. Tentu saja hal ini tidak bisa dihalangi karena dokumen yang Anda tulis sudah tampil diruang publik. Siapapun bisa membaca dan meng-copy tulisan tersebut. Asalkan hasil kopy artikel juga menyebutkan sumbernya, maka hal tersebut masih bisa dimaklumi. Namun jika Anda ingin membuat copy-paste lebih sulit dilakukan didalam blog Anda, disini ada tip sederhana dengan sedikit memodifikasi salah satu tag didalam template Blog. Sebenarnya ada beberapa tips untuk mempersulit copy-paste, namun disini akan saya jelaskan tutorial termudah. Langsung saja...



1. Masuk pada EDIT Template, tekan Ctrl+F untuk mempermudah pencarian. Cari Tag <body>, Masukkan kode berikut didlam tag <body> ( Jika Anda tidak mendapatkan tag body maka tulislah dipencarian dengan <body, lalu tekan Enter )
oncontextmenu='return false;'

Gambar diatas adalah letak tag <body>, sisipkan kode diatas diantara body dan kode yg diblok ungu. Maka hasilnya seperti gambar dibawah ini, yang diblok adalah kodenya.

2. Simpan Template Anda. Setelah perubahan template Blog telah disimpan, hasil yang diperoleh adalah ketika teks sudah disorot atau di-blok, maka secara langsung klik kanan tidak bisa diaktifkan, dan menu popup untuk Copy tidak bisa dimunculkan.
Selamat mencoba semoga berhasil yaaa...
(Artikel diatas saya saripatikan dari buku "Most Wanted Blogging Tips Rebirth", karya Ridwan Sanjaya, Pt Elex Komputindo, Jakarta)