Mouse merupakan sebuah perangkat keras (hardware) yang diterapkan oleh PC / Laptop, yang mana fungsi dari perangkat ini mempermudah penggunanya untuk menggerakan sebuah tanda panah yang berada di layar komputer yang disebut cursors atau pointer.

Mouse sendiri memiliki beberapa jenis, ada mouse kabel atau mouse wireless, walaupun mouse memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda, tetapi mouse memiliki fungsi yang sama yaitu menggerakan sebuah tanda panah yang ada di layar laptop ataa PC.

Walaupun mouse biasanya digunakan di PC atau Laptop, tetapi mouse juga bisa juga digunakan di smartphone bersistem operasi Android, akan tetapi tidak semua smartphone/HP Android bisa menggunakan mouse, berikut sadalah yarat-syaratnya:




– Smartphone Harus mendukung OTG (USB On-The-Go).

– Smartphone Versi Android Lolipop keatas.

Jika kedua syarat diatas sudah terpenuhi untuk smartphone yang Anda miliki, Anda bisa lanjut ke tutorial menggunakan mouse di Android.

Bahan:

– OTG



– Mouse kabel/USB



Langkah:

1. siapkan terlebih dahulu kedua bahan di atas.

2. Lalu ambungkan kabel USB mouse ke port USB OTG.

3. Kemudian sambungkan OTG ke port micro usb smartphone.

4. Jika sudah, pastikan lampu di mouse Anda menyala, jika tidak menyala, cabut OTG dan pasang kembali sampai mouse sampai menyala.

5. Jika mouse sudah menyala, coba klik kiri atau kanan pada mouse, jika berhasil, akan muncul tanda panah (cursors / pointer) di tengah layar smartphone.

6. Selesai.



Catatan: Jika smartphone sudah memenuhi syarat-syarat di atas tetapi cara ini masih tidak bekerja, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Play Store. Klik disini untuk mencari